Copyright © 2010-2013
Rabu, 11 Juni 2014

(Playlist) I Stand On The Rock Side

Masa kampanye presiden 2014 ini adalah kampanye pertama di Indonesia yang pergerakannya melalui medium social media begitu semarak. Pada kampanye 2009, orang-orang di Indonesia banyak yang baru bergabung di Twitter. Dulu Path belum ada. Yang baru banyak digunakan hanya Facebook yang penggunaannya lebih untuk bereuni dengan kerabat lama ataupun stalking gebetan atau mantan.

Dalam kampanye tahun ini, hampir di semua channel social media yang banyak digunakan di Indonesia pasti akan mudah ditemui content yang berbau politik, mulai dari berbagi link artikel mengenai kebaikan dan keburukan kedua kandidat hingga meme yang menampilkan kedua kandidat presiden dalam gaya jenaka. Mungkin ini yang dinamakan euforia politik.


Asas Rahasia yang dulu mendampingi asas Langsung, Bebas, Umum rasanya tidak perlu lagi digunakan. Karena semua orang dengan bangganya telah menunjukkan orientasi politik mereka dengan memasang avatar tanda dukungan atau menjadi buzzer baik berbayar maupun tidak bagi presiden pilihannya masing-masing.

Itu juga yang terjadi pada saya. Walaupun saya tidak bisa dikatakan juga sebagai pendukung garis keras untuk salah satu kandidat presiden. Sejauh ini saya tidak memasang avatar ataupun ikut aksi-aksi di dunia maya ataupun di jalan sebagai bentuk dukungan terhadap presiden pilihan. Namun saya beberapa kali menyinggung soal itu dalam tweet-tweet saya dalam sebulan terakhir.

Dan kali ini bentuk dukungan saya terhadap kandidat presiden yang akan saya pilih nanti datang dari hal yang paling saya kuasai dan tentunya saya senangi, yakni membuat playlist.

Kebetulan kandidat presiden pilihan saya ini sedikit banyak bersinggungan dengan dunia musik. Beliau dikenal sebagai pencinta musik rock dan metal. Beberapa media lokal sudah pernah membahas sisi rock beliau. Bahkan ada website Metal internasional juga pernah memuat artikel mengenai kecintaan beliau terhadap musik Rock dan Metal.

Kecintaan beliau terhadap musik rock dan Metal dibuktikan juga dengan kehadirannya dalam beberapa konser Rock, antara lain Metallica, Lamb of God dan sebuah festival Rock yang diselenggarakan di kota asalnya.

Dari situ, saya lalu terpikir untuk membuatkan playlist yang isinya adalah band-band Rock dan Metal favoritnya.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama pernah membuat playlist di Spotify sewaktu kampanye presiden tahun 2012. Menurut saya ini merupakan salah satu langkah yang sangat cerdas yang dibuat oleh tim sukses Obama dalam menggapai target pemilih yang kebanyakan melek internet dan tentunya pengguna layanan musik streaming.

Kandidat presiden pilihan saya seharusnya bisa melakukan hal yang sama, mengingat citra dia sudah dikenal sebagai pecinta musik dan juga kebanyakan pemilihnya ada dalam golongan yang melek internet. Tapi karena hal tersebut belum dilakukan oleh tim suksesnya sejauh ini, jadi saya saja yang berandai-andai jika beliau diminta untuk membuat playlist, mungkin isinya akan seperti yang saya buat ini.

Membuat playlist dengan jenis musik Rock dan Metal adalah hal baru bagi saya yang telinganya sangat pop. Cukup sulit awalnya untuk menentukan lagu mana yang akan saya sertakan dalam playlist ini. Kalau untuk list bandnya, saya tinggal meriset dari beberapa artikel saja yang pernah memuat list band kesukaan beliau.

Akhirnya lagu-lagu dari band-band favoritnya ini saya pilih yang sedikit banyak menjadi gambaran dari keras dan kejamnya dunia politik serta juga merepresentasikan semangat untuk perubahan. Ada juga beberapa band yang tidak pernah disebutkan dalam list band favorit beliau tapi lagunya saya masukkan dalam playlist ini karena memiliki judul yang tepat dengan slogan kampanye beliau.

Dalam playlist ini juga menampilkan dua band negeri sendiri, yakni Slank dan Powerslaves. Kalau Slank sudah jelas karena band ini sudah terang-terangan mendukung beliau. Kalau Powerslaves ada dalam playlist karena beliau pernah menyempatkan hadir untuk menonton band ini dalam salah satu kesempatan.

Kira-kira seperti itu isi dari playlist ini. Silahkan mengunduh dan menyebarkannya. Mengunduh playlist ini memang menjadi hal nomer satu yang harus dilakukan setelah membaca post ini tapi yang nomer dua biarlah yang dicoblos pada bilik suara pada pemilu 9 Juli 2014 nanti. \m/

I Stand On The Rock Side

Jokowi's Presidential Campaign Playlist


Tracklist:

01. Slank - Ngindonesia
02. Poweslaves - Kereta Rock N Roll
03. Guns N' Roses - Get In The Ring
04. Anthrax - New Noise
05. Led Zeppelin - The Rover
06. Lamb of God - Ashes of the Wake
07. Napalm Death - When All Is Said And Done
08. Metallica - And Justice For All
09. Megadeth - Architecture of Aggression
10. Slayer - Supremist
11. Hammers of Misfortune - The Locust Years
12. Sepultura - Arise
13. Fear Factory - Controlled Demolition
14. Black Sabbath - Wicked World
15. Queen - Put Out the Fire
16. Judas Priest - United
17. Tool - Right in Two

UNDUH


Playlist ini juga dapat didengar streamingnya pada akun 8tracks saya.




1 comments:

  1. Mas..pernah pgn nyoba buat bikin mixtape pengantar lari..

    BalasHapus