Copyright © 2010-2013
Rabu, 07 Mei 2014

Voice of Choice Soundrenaline Private Gathering

Dalam rangka menyambut Soundrenaline yang akan diselenggarakan hari Sabtu ini, 9 Mei 2014 di Surabaya, hari Senin kemarin saya bersama Sampoerna A dan Mavericks membuat sebuah private gathering untuk kawan-kawan blogger dan para penggiat di social media.

Dengan persiapan yang super minim, private gathering bertajuk Voice of Choice yang dilaksanakan di rooftop kantor Maverick ini puji Tuhan dapat berlangsung lancar dan meriah. Para undangan yang rata-rata saling mengenal satu sama lain ini membuat suasana bertambah hangat.



Kurang lebih pukul 8 malam, duo MC Gilang dan Adjis membuka acara dengan memaparkan informasi mengenai penyelenggaraan Soundrenaline 2014 yang kali ini berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya. Karena tahun ini, Soundrenaline memberikan kesempatan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam voting album favorit yang akan dimainkan secara penuh di panggung Soundrenaline 2014.


Setelah Gilang dan Adjis membuka acara, saya lalu didaulat untuk naik ke atas panggung untuk memberi kata sambutan. Saya sedikit bercerita mengenai konsep retrospective dalam Soundrenaline 2014 ini yang mana di luar negeri sudah sering dilakukan. Sementara di Indonesia masih belum atau sangat jarang dilakukan.

Sembari para undangan menikmati makan malam, lima sekawan dari rumah kos Subud, The Subudians menghibur kita semua dengan penampilan akustik yang khusus memainkan lagu-lagu dari boyband era 90an. Sebut saja lagu-lagu milik Boyzone, Backstreet Boys hingga East 17 berkumandang di panggung Voice of Choice malam itu yang otomatis membuat kita semua bernyanyi bersama.

Usai penampilan The Subudians, acara lalu dilanjutkan dengan mengundang Andra and the Backbone, salah satu dari lima band yang albumnya dipilih masyarakat untuk dimainkan secara penuh di Soundrenaline 2014. Ketiga personil Andra and The Backbone lalu hadir untuk berbincang-bincang sesaat dengan dipandu MC Gilang dan Adjis.

Pada perbincangan tersebut terkuak bahwa salah satu album Andra and the Backbone yang terbilang cukup sulit untuk dimainkan kembali secara penuh ada pada album pertama mereka. Menurut pengakuan vokalis, Dedy Lisan, sebelum rekaman album pertama Andra and the Backbone, semua materi lagu yang dibuat oleh Andra Ramadhan telah jadi dan siap untuk direkam. Walhasil, Dedy hanya mengikuti rangka melodi yang sudah ada. Berbeda dengan pengerjaan album kedua dan ketiga yang mana ketiga personil Andra and the Backbone semuanya terlibat dalam proses penciptaan lagu. Karena itu, jika album pertama Andra and the Backbone terpilih untuk dimainkan ulang secara penuh, maka perlu ada penyesuaian kembali terhadap lagu-lagu yang ada khususnya yang saat ini sudah jarang dimainkan.
Di tengah-tengah sesi perbincangan, Adjis sempat-sempatnya bertanya kepada Andra, "Mas, melodi gitar di Separuh Nafas itu inspirasinya dari mana sih? Saya suka banget." Seraya Adjis mencoba menyenandungkan melodinya, 'tenotenotrejreng' yang sontak membuat Andra dan para undangan tertawa.

Setelah sesi bincang-bincang bersama Andra and the Backbone, acara dilanjutkan dengan sesi Karoke lagu-lagu dari para pengisi Soundrenaline 2014, antara lain Slank, GIGI, Sheila on 7, Netral, Pas Band, dan masih banyak lagi. Adjis dan Gilang menantang lima orang yang berani untuk berkaraoke di hadapan para undangan akan langsung mendapatkan voucher MAP sebesar 200 ribu. Lima orang yang sudah mengajukan diri untuk berkaroke lalu memilih lagu-lagu yang tersedia. Ada yang nyanyi lagu Slank "Tong Kosong:", GIGI "11 Januari" dan terakhir Sheila on 7 "Sephia" yang dinyanyikan sepenuh hati oleh kawan saya, Trisca. haha


Sampailah di penghujung acara yang ditutup dengan sesi DJ Set dari Seringai, band rock asal Jakarta yang juga akan bermain di Soundrenaline 2014 di Medan. DJ Set kali ini cukup spesial karena Arian dan Sammy, perwakilan dari Seringai memutar lagu-lagu pilihan mereka tidak menggunakan turntable atau CDJ seperti pada umumnya. Namun mereka memutar lagu melalui Youtube. Jadi dengan dua laptop, Arian dan Sammy saling bergantian memutarkan lagu-lagu pilihan mereka yang membuat semua undangan yang hadir menari dan bernyanyi.

Malam yang hangat dan menyenangkan. Terima kasih untuk semua yang telah hadir dan terlibat dalam pelaksanaan Voice of Choice Soundrenaline Private Gathering ini. Sampai jumpa di Soundrenaline 2014!


0 comments:

Poskan Komentar