Mixtape Indonesia 80an


Membuat mixtape lagu-lagu Indonesia bagi saya tidak semudah membuat mixtape lagu-lagu barat. Alasan pertama: varian lagu-lagu Indonesia yang tidak begitu banyak untuk dapat disesuaikan dengan berbagai tema dan kondisi. Alasan kedua: saya juga tidak memiliki banyak materi lagu Indonesia, baik itu dalam bentuk fisik maupun digital.

Cukup ironis sih. Karena harusnya sebagai orang Indonesia, bisa lebih mudah untuk memiliki koleksi lagu Indonesia yang lengkap. Namun pada kenyataannya, saya dan mungkin banyak orang di luar sana juga punya masalah yang sama, yakni kekurangan materi lagu Indonesia dalam koleksinya.


Kekurangan materi itu bisa disebabkan dua hal: kemalasan dari individu untuk menggali musik-musik dalam negeri atau sulitnya mengakses musik-musik Indonesia dari berbagai era yang disebabkan kondisi pendokumentasian yang buruk.

Sulitnya mengakses musik-musik Indonesia terlebih dalam format digital memang sudah menjadi rahasia umum. Berangkat dari kondisi tersebut, beberapa pihak sudah mencoba untuk memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk mendengarkan dan juga mendapat informasi yang lebih banyak tentang musik Indonesia.

Salah satunya ada Irama Nusantara, yang secara swadaya mencoba untuk menampilkan koleksi musik populer Indonesia dari berbagai era dalam bentuk digital. Mereka juga kerap membuat mixtape yang bisa menjadi pintu buat banyak orang mengenal lebih lanjut musisi atau band Indonesia yang dirasa menarik.

Selama ini saya juga mencoba untuk terus menampilkan musik-musik Indonesia dalam mixtape-mixtape yang saya buat walaupun dengan koleksi musik Indonesia yang terbatas. Dengan harapan agar lebih banyak lagi masyarakat kita terutama anak muda yang mencintai musik dalam negeri.

Sejauh ini saya sudah menghasilkan mixtape yang berisi lagu-lagu Indonesia era 50an, 60an dan 70an dan kini 80an. Mixtape 80an ini saya buat khusus untuk webzine Whiteboard Journal yang memang secara berkala menampilkan mixtape-mixtape dari berbagai kalangan.



Lagu-lagu dalam mixtape ini adalah lagu-lagu favorit yang terdengar akrab di era kanak-kanak saya pada pertengahan 80an.

Bagi yang lahir di awal era 80an, mixtape ini untuk kalian. ;)




PS: Selain mixtape-mixtape yang sudah saya sebutkan di atas, saya juga membuat beberapa playlist lagu-lagu Indonesia yang saya sesuaikan dengan tema-tema tertentu. Silahkan dengar di Ohdio FM


Komentar

  1. Kaaak, kok lagu2nya sama linknya ilaaang? Gak ditaro 8tracks yaa..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok, ti. mix yang 80an ditaro di soundcloud whiteboard journal. bisa didownload di sana.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day #11: The Like In I Love You

Lampau: Ulasan Album Centralismo - SORE

Enam Lagu Yang Mendefinisikan Paloh Pop