Copyright © 2010-2013
Jumat, 17 Agustus 2012

5 Lagu Nasionalisme Masa Kini


Kesuksesan lagu “Bendera” dari Cokelat di tahun 2002 yang hingga kini kerap diputar di berbagai perayaan nasional dari tingkat negara hingga RT/RW, menyadarkan kita bahwa lagu populer dengan muatan nasionalisme ternyata juga dapat diterima oleh masyarakat luas.

Setelah “Bendera”, beberapa musisi tanah air juga turut menciptakan lagu-lagu sejenis dengan lirik-lirik positif yang mengajak pendengar untuk tetap mengorbarkan semangat dan cinta tanah air. Berikut ini adalah lima contohnya.


Saykoji - Merah Putih
Ignatius Rosoinaya Penyami (disingkat Igor) atau lebih terkenal dengan nama Saykoji ialah rapper yang dikenal kritis dan selalu mengangkat isu-isu sosial khususnya yang terjadi di kalangan anak muda. Lagu “Merah Putih” dapat didownload gratis melalui websitenya.

“Apapun mereka bilang tekadku takkan hilang/ Jalanku masih panjang garis akhir kupandang/ Jangan lupa kita Macan Asia/ Pancasila kita yang menjadi rahasia.”




Netral - Garuda Di Dadaku
Lagu ini ditulis grup band Netral untuk soundtrack film berjudul sama yang dirilis di tahun 2009. Pada kelanjutannya, lagu “Garuda di Dadaku” ini meraih sukses besar dan hingga kini sering terdengar di banyak pertandingan olah raga internasional ketika tim Indonesia bertanding.

“Garuda di dadaku/Garuda kebanggaanku/Ku yakin hari ini pasti menang”





Pee Wee Gaskins - Dari Mata Sang Garuda
Lagu ini adalah single pertama dari album kedua milik band asal Jakarta Pee Wee Gaskin yang bertajuk “Ad Astra Per Aspera”. Pee Wee Gaskin menyerukan kepada pendengarnya di seluruh Indonesia untuk tetap bersatu dan tanpa memandang suku dan agama.

“Dari mata sang garuda memandang luas dari langit yang tinggi/ Bersatulah untuk indonesia kobarkan semangatmu”





Endank Soekamti - Berkibar Tinggi
Lirik lagu ini ditulis oleh salah seorang anggota Kamtis Family (fan club Endak Soekamti) yang memenangkan sayembara penulisan lirik yang diselenggarakan di website band asal Yogyakarta ini.  Lagu “Berkibar Tinggi” ada dalam album keempat mereka, soekamti.com

“Beragam suku beragam budaya/Kulitnya hitam putih dan bergambar/Selalu kucinta dengan semua kekuranganmu/Selalu kubangga dengan semua kelebihanmu”





Twentyfirst Night - Selamanya Indonesia
Lagu ini ada dalam album kedua milik grup asal Jakarta, Twentyfirst Night. Album yang bertajuk “Dream of Youth” ini memang banyak menampilkan pesan-pesan positif terhadap anak muda Indonesia untuk lebih mencintai alam, negeri dan sesamanya.

“Di sini rumah kita yang terindah di dunia/tanah yang merdeka, negeri Indonesia/karena ku tahu di sini ada cinta"





Artikel ini tayang di Yahoo! Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2012

0 comments:

Poskan Komentar