Copyright © 2010-2013
Rabu, 15 Februari 2012

14 Lagu Cinta Terbaik Indonesia


Berbagai kompilasi lagu cinta yang banyak beredar atau lagu cinta yang biasa terdengar pada pesta pernikahan pasti sangat jarang memuat lagu cinta milik musisi atau band negeri ini.

Lagu cinta produksi dalam negeri biasanya tenggelam oleh lagu cinta populer mancanegara. Padahal produksi dalam negeri ini memiliki kualitas yang sama baiknya dengan mancanegara. Malah terasa lebih dekat dengan penggunaan bahasa ibu dalam lagu cinta dalam negeri tersebut.

Maka dari itu dalam ingar-bingar perayaan Valentine ini, marilah kita simak sejenak 14 lagu cinta terbaik produksi dalam negeri (disusun berdasarkan tahun rilis).

klik judul untuk mengunduh lagunya.

Pertama kali dirilis di tahun 1969 melalui album perdana, lagu ini juga menjadi salah satu lagu terpopuler Koes Plus. Menampilkan melodi yang sangat mudah diingat beserta lirik cinta yang lugu.

Lagu dari album Keenan di tahun 1978 ini belum lama dipopulerkan kembali oleh Vidi Aldianto. Lagu ini mengisahkan masa-masa penuh inspirasi ketika seseorang baru jatuh hati seperti yang digambarkan melalui penggalan liriknya, “Dirimu nuansa-nuansa ilham, hamparan laut tiada bertepi”

Lagu ini ada dalam album perdana musisi Candra Darusman di tahun 1981. Candra sebelumnya dikenal sebagai personel grup Chaseiro. Lagu ini mengisahkan perasaan cinta yang datang di kala seseorang sudah memiliki pasangan. Sempat juga dipopulerkan kembali oleh grup Bunglon di tahun 2002.

Salah satu lagu yang sudah seharusnya sering terdengar di pesta pernikahan.  Sebuah kidung cinta yang penuh rasa syukur. Di saat Vina berucap “Kini tetes air mata haru, menghiasi janji yang terpadu” akan selalu membuat kita tersenyum bahagia.

Selain piawai menyerukan kritik sosial, Iwan Fals juga dikenal sebagai pencipta lagu cinta yang mumpuni. Beberapa lagu cintanya selalu terdengar apa adanya, jujur namun terasa romantis. Contoh lagu cinta terbaik dari Iwan Fals adalah 22 Januari yang bercerita mengenai komitmen cinta. “Dua dua Januari tidak sendiri. Aku berteman iblis yang baik hati. “

2D adalah Deddy Dhukun dan Dian Pramana Poetra. Lagu ini adalah hits terbesar mereka. Dirilis di tahun 1989 dan sempat didaur ulang oleh grup R42 di akhir 90an.  Lagu ini seperti judulnya menegaskan perasaan cinta yang masih ada walau kisahnya telah berakhir.

Dewa 19 telah banyak menghasilkan lagu cinta populer di negeri ini. Salah satu yang terbaik adalah “Tak’ Kan Ada Cinta Yang Lain.” Siapa yang takkan terusik perasaanya ketika mendengar Ari Lasso melolong seraya bernyanyi, “Tak akan ada cinta yang lain. Pastikan cintaku hanya untukmu.”

Jika menyukai lagu cinta dengan lirik puitis, Kla Project adalah jawabannya. Lagu cinta paling mendayu-dayu pun akan terasa elegan. Salah satu contohnya adalah lagu ini yang bercerita mengenai ketidakmampuan seseorang untuk menutup kisah masa lalu atau seperti istilah anak muda jaman sekarang “susah move on” Di akhir lagu, Katon bersabda, “Biduk telah ditambatkan berlabuh di pantaimu. Sungguh kuakui tak bisa ke lain hati.”

Ebit G Ade ialah penyanyi balada terbaik yang dimiliki negeri ini. Lagunya-lagunya banyak bercerita mengenai alam, potret sosial dan tentunya cinta. Salah satu lagu cinta terbaiknya adalah “Cinta Sebening Embun”. Dalam lagu ini, Ebiet memberikan nasihat percintaan namun dengan penuturan yang rendah hati dan tidak menggurui. “Selama musim belum bergulir. Masih ada waktu untuk saling membuka diri sejauh batas pengertian.”

Inilah lagu perdana yang membawa Sheila On 7 ke dalam kancah musik nasional. Lagu ini kemudian menjadi cetak biru dari musik Sheila On 7 yang ringan namun selalu menggigit. Kita lalu percaya bahwa cinta itu realistis di saat Duta bernyanyi, “Dan kau bisikkan kata cinta. Kau t'lah percikkan rasa sayang. Pastikan kita seirama. Walau terikat rasa hina.”

Chrisye dikenal sebagai penyanyi dengan segudang hits. Rasanya semua pencipta lagu pop Indonesia pernah menulis lagu untuk beliau. Seperti lagu ini yang diciptakan oleh pentolan grup musik Kahitna, Yovie Widianto. “Untukku” adalah sebuah karya cantik yang tidak lekang waktu.

Lagu ini dirilis oleh Titi DJ dalam album berjudul sama di tahun 1999. Lagu ini menjadi hits di kala itu seiring lagu ini menjadi lagu tema sinetron “Cinta” Dengan aransemen yang rancak buah karya Andi Rianto beserta lirik indah yang ditulis oleh Titi, lagu ini menjadi lagu cinta paling baik yang pernah dihasilkan Titi DJ sepanjang karirnya.

Lagu cinta yang menampilkan duet itu akan selalu dipenuhi kata-kata pujian. Seperti lagu ini yang menghadirkan penyanyi dari negeri Jiran, Sheila Majid yang berduet dengan salah satu penyanyi pop terbaik kebanggaan Indonesia, Harvey Malaiholo. “Begitulah Cinta” adalah ode untuk setiap orang yang pernah dibuai perasaannya oleh apa yang dinamakan cinta.

Jebolan Indonesian Idol ini berduet dengan Indra Lesmana yang dulu menjadi juri di acara tersebut. Hasilnya adalah lagu pop dengan aransemen yang bernas yang dihiasi melodi yang ramah di telinga.


Artikel ini tayang di Yahoo! Indonesia pada tanggal 14 Februari 2012

0 comments:

Poskan Komentar

LinkWithin

.