Copyright © 2010-2013
Jumat, 31 Desember 2010

2010: 20 Lagu Internasional + 10 Lagu Indonesia Terfavorit Sepanjang Tahun


Sudah tiga tahun ini saya selalu menulis album-album terfavorit yang saya dengar sepanjang tahun. 

Saya lebih nyaman menggunakan kata favorit daripada terbaik. Karena kata terbaik rasanya mudah untuk mengundang perdebatan. Karena tidak ada faktor pasti bagaimana sebuah album dikatakan terbaik.

Oleh karena itu, saya lebih senang menggunakan kata favorit. Karena favorit sudah jelas bersifat subyektif. Tidak dapat diperdebatkan mau bagaimanapun juga. :D

Untuk tahun ini - tidak seperti tahun-tahun sebelumnya -  saya memilih lagu-lagu favorit sepanjang tahun. 

Mengapa saya tidak menampilkan album? Karena sejujurnya untuk tahun ini, frekuensi saya mendengarkan album secara penuh mengalami penurunan. Hanya beberapa album rilisan 2010 yang saya dengarkan secara intens. Sisanya, saya hanya dengar sepintas lalu dan pada akhirnya yang saya dengarkan intens adalah lagu-lagu favorit dalam album-album tersebut.

Lagu-lagu favorit rilisan 2010 yang saya tampilkan di sini terbagi menjadi dua, yakni lagu-lagu dari musisi atau band internasional dan nasional. Karena tahun ini tahun 2010, maka saya membaginya dalam 20 lagu favorit dari internasional dan 10 lagu favorit dari negeri sendiri. Semua lagu yang ada juga saya kumpulkan dalam dua buah album terpisah yang dapat diunduh pada masing-masing bagian.

Selamat membaca dan mendengarkan. Selamat tinggal 2010, selamat datang 2011.

* disusun berdasarkan urutan terbawah hingga teratas

20 Lagu Internasional Terfavorit sepanjang tahun 2010:

Lagu pemberontakan paling berduri dari seorang gadis santun dan pemalu: 


20. Don't Do It - Sharon Van Etten
Rabu, 22 Desember 2010

(Christmas Mixtape) Silent Bells, Silver Night



Satu tahun berlalu tanpa terasa dan sebentar lagi hari Natal kembali tiba. Selain pohon Natal, kado, kue dan berbagai dekorasi yang didominasi warna merah dan hijau, Natal juga akan selalu hidup dengan lagu-lagu Natal.

Seperti tradisi yang sudah saya lakukan dalam dua tahun ke belakang, tahun ini saya kembali membagikan lagu-lagu Natal pilihan yang mudah-mudahan dapat menambah warna dari perayaan Natal kalian masing-masing.

Untuk tahun ini, saya sengaja memilih lagu-lagu Natal yang banyak menampilkan nuansa sendu yang kontemplatif.