Copyright © 2010-2013
Senin, 22 November 2010

Soulular Niggunim mixtape



Terkadang lagu tidak memerlukan lirik di dalamnya. Hanya berbekal melodi yang dibungkus dengan aransemen musik saja, sebuah lagu sebenarnya sudah dapat kita nikmati.

Saya selalu menyukai lagu-lagu nirlirik. Dimana melodi menjadi mandiri dan berperan sentral tanpa disertai kumpulan kata yang bercerita.

Pada beberapa mixtape yang saya buat terdahulu, sebisa mungkin saya selipkan satu atau dua lagu instrumental. Memang tidak bisa banyak-banyak. Karena biasanya lagu-lagu instrumental rentan membuat orang bosan. Disebabkan pada lagu instrumental orang tidak bisa berpartisipasi aktif (bernyanyi). Hanya ada proses pasif yakni mendengar.


Selain musik jazz, dalam dunia musik populer, lagu instrumental identik dihasilkan oleh band atau musisi elektronik dan juga post rock yang secara umum musiknya tidak memerlukan kehadiran lirik untuk dapat kita nikmati.

Namun pada mixtape ini, banyak lagu-lagu instrumental yang ada dihasilkan oleh musisi atau band dengan beragam genre yang biasanya membuat lagu berlirik.  Lagu instrumental biasanya hanya menjadi intro /outro atau pelengkap dalam album-album mereka. 

Lagu-lagu dalam mixtape ini adalah lagu-lagu instrumental favorit saya. Beberapa di antaranya pernah saya coba untuk memasukkannya ke dalam mixtape-mixtape terdahulu namun tidak jadi terlaksana karena saya rasa tidak begitu selaras dengan lagu-lagu lain dalam mixtape-mixtape yang pernah saya buat.

Sementara itu, lagu-lagu dalam mixtape ini juga tidak bisa saya putar pada acara radio Popcircle di Rase FM yang saya produseri. Walaupun acara tersebut biasa memutar lagu-lagu arus pinggir namun kebijakan radio di Rase (dan juga radio lain pada umumnya) yang membuat lagu-lagu instrumental seperti ini tidak bisa diputar.

Jadi pada akhirnya lagu-lagu itu saya kumpulkan di dalam mixtape ini. Lagu-lagu instrumental yang secara keseluruhan dapat membawa mood yang baik bagi saya dan mudah-mudahan juga kepada siapa pun yang mendengarnya.

Judul mixtape Soulular Niggunim saya pilih berdasarkan nuansa feel good tunes yang tadi saya sebutkan. Dimana lagu-lagu instrumental ini tanpa perlu menampilkan lirik bercerita dapat berkomunikasi pada tingkatan kejiwaan (soulular) tertentu. Dalam hal ini, mendatangkan mood baik.

Sedangkan Niggunim itu sendiri adalah istilah dari lagu-lagu tak berlirik yang digunakan dalam ritual keagamaan bangsa Yahudi.

Akhir kata saya ucapkan selamat mendengarkan. Dan semoga kalian tidak bosan dengan mixtape buatan saya yang sudah mulai rutin saya bagikan setiap bulannya. hehe.


Soulular Niggunim
feel good wordless tunes
a mixtape by dimas ario

tracklist:
1. The Radio Dept - Stay Off Route
2. Felt - Mexican Bandits
3. Broken Social Scene - Pacific Theme
4. Perhapsy - Bow Song
5. Spearmint - Best Ballroom
6. The Avalanches - Two Hearts in ¾ Time
7. Beaumont - City Pretty
8. The Menahan Street Band - Home Again
9. The Go! Team - Everyone's a VIP to Someone
10. Garnett Jackson - Swiling
11. The Durutti Column - Sketch for Summer
12. Manitoba - People Eating Fruit
13. Nick Drake - Sunday
14. Quiet Village - Keep on Rolling
15. Air - Ce Matin-la

0 comments:

Poskan Komentar