Copyright © 2010-2013
Senin, 22 November 2010

Interpretasi OMD dan Gorillaz terhadap The XX


Jika sebuah lagu dari band baru didaur ulang oleh musisi atau band yang sebelumnya telah lebih dulu eksis dan berpengaruh, pasti ada sesuatu yang spesial dari band baru tersebut.


Baru-baru ini, dalam kurun waktu yang bersamaan, dua lagu milik kuartet terpanas dari London saat ini, The XX didaur ulang oleh dua grup band populer, yaitu OMD dan Gorillaz.

Memang kehadiran The XX yang baru merilis album di tahun 2009 lalu disambut hangat oleh industri musik dunia. Keempat personil the XX yang baru memasuki usia 20an ini menyajikan musik yang dingin dan kosong. Layaknya musik yang seharusnya berputar di tengah malam yang dingin dengan jalan basah yang lowong.



Musik XX tidak menawarkan aransemen akrobatik yang dinamis yang hebatnya dapat dinikmati dan disukai oleh banyak orang.

Grup synth-pop veteran asal Inggris OMD (Orchestral Manoeuvres in the Dark) mendaur ulang lagu The XX berjudul “VCR.”  Grup yang mungkin juga menjadi inspirasi dari para personil The XX ini memberikan sentuhan yang lebih misterius pada lagu “VCR”.


OMD sendiri pada bulan September 2010 yang lalu, baru saja merilis album terbaru, History of Modern. Album tersebut adalah album pertama setelah 14 tahun mereka berhibernasi. Dan dalam salah satu wawancara dengan media, mereka mengakui kehadiran band seperti The XX inilah yang membuat mereka berpikir bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk mereka kembali ke industri musik.

Daur ulang “VCR” dari OMD ini walau masih rough mix sudah terdengar seperti rekaman mereka yang hilang 30 tahun yang lalu. 

Sementara itu, pada tanggal 20 November 2010 kemarin, Gorillaz tampil live di BBC Radio Session untuk membawakan singel terbaru mereka, “Doncamatic (All Played Out)”.  Ternyata Damon Albarn dan kawan-kawan memberikan kejutan spesial pada penampilan mereka kemarin dengan membawakan lagu milik The XX, “Crystalised”.


Damon mendaur ulang lagu The XX tersebut dengan nuansa yang lebih intim dan romantis yang didominasi dengan iringan piano dan dentingan musix box.  Walhasil, daur ulang lagu The XX ini menjadi highlight dari penampilan live Gorillaz di BBC Radio kemarin. 


0 comments:

Poskan Komentar